Pages

4.09.2013

Membentuk Pribadi Yang Antusias



Membangun antusiame dapat anda lakukan dengan melakukan hal-hal di bawah ini
1.      Tetapkanlah visi dan misi anda
Dalam hal apapun visi dan misi harus jelas, tanpa kejelasan visi dan misi anda hanya akan melakukan tindakan-tindakan yang tidak berarti. Bagaimana mungkin sebuah tindakan bisa berarti kalau tindakan itu tidak ada tujuannya. Sebuah contoh sederhana saja, anda dan teman-teman anda berencana pergi ke suatu tempat, tapi tempat itu belum anda ketahui letak, jarak dan posisinya. Kalau anda nekat maka besar kemungkinan anda akan mendapatkan masalah bahkan sangat mungkin sekali anda tidak akan sampai di tempat tersebut. Tapi kalau anda sedikit bersabar, dan mempersiapkannya dengan matang dengan cara bertanya ke orang yang pernah ke tempat tersebut, mencari info dari internet dan berbagi sumber yang lain, kemudian anda membuat rencana dan persiapan yang matang, maka tujuan anda ke tempat tersebut akan lebih mudah anda capai. Contoh tersebut hanya sebuah gambaran bahwa untuk membangun antusiame anda butuh menetapkan visi dan misi. Visi terkait dengan tujuan yang ingin dan raih seteleh antusias anda meningkat, sedangkan misi terkait dengan upaya-upaya yang bisa anda lakukan untuk mencapai visi tersebut.
2.      Catatlah visi dan misi hidup di dalam buku pribadi
Anda mungkin pernah berkunjung ke suatu instansi dan melihat papan besar yang bertuliskan visi dan misi instansi tersebut. Kalau sebuah instansi bisa melakukan hal itu kenapa kita tidak! Dari itu catatlah visi dan misi anda secara jelas dalam buku pribadi, kalau mamang perlu anda bisa tulis visi misi itu di papan yang bagus, atau di jadikan poster kamudian anda pasang di kamar, supaya setiap hari bisa anda baca dan anda pahami. Tulislah visi dan misi itu secara jelas dan detail termasuk apa yang akan anda berikan sebagai imbalan realisasinya.
3.      Kuatkan motivasi dan tekad
Motivasi dan tekad yang kuat sangat diperlukan dalam membangun sikap antusiasme positif. Tanpa motivasi dan tekad, apa yang sudah anda tulis tadi tidak akan mungkin bisa terwujud.  Motivasi adalah daya gerak dalam melakukan sesuatu, sedangkan tekad adalah kebulatan niat yang sudah tidak bisa diganggu gugat oleh apapun. Coba anda bayangkan apa jadinya jika diri anda tidak memiliki motivasi dan minat yang kuat. Saya yakin anda akan sepakat dengan saya bahwa  visi dan misi bagus yang anda buat, tidak akan membuahkan hasil apa-apa.
4.      Tindaklanjuti visi dan tujuan anda dengan action
Setelah visi dan misi jelas anda juga memiliki motivasi dan tekad yang kuat, maka selanjutnya anda harus menindaklanjuti misi dan dengan sebuah tindakan. Orang bijak berkata impian tanpa action tidak akan menghasilkan apa-apa. Sama halnya dalam meningkatkan antusiasme anda, untuk itu mulai dari sekarang lakukan apa yang sudah anda rencanakan, tidak usah banyak menunggu dan mencari-cari alasan, karena keberhasilan tidak lagi hanya di tentukan lagi oleh visi, misi, semangat dan tekad tapi juga tindakan. Tanpa tindakan mustahil apa yang menjadi visi dan misi anda bisa terwujud.
5.      Disiplin dan tekun
Disiplin dan tekun di sini saya kaitkan dengan sikap istiqomah dalam tindakan. Orang yang berhasil mewujudkan visi tidak serta merta melakukan sesuatu yang hebat. Tapi awalnya mereka harus memulai dari yang paling bawah dan tidak punya pengalaman. Kunci mereka hanya satu istiqomah. Mungkin anda bertanya kenapa tidak disiplin dan tekun? Karena disiplin dan tekun merupakan bagian dari sikap istiqomah. Jadi tidak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak istoqomah. Mulai dari sekarang istiqomahlah anda dalam menjalankan aktivitas yang anda lakukan, supaya anda bisa membangun sikap antusiame yang lebih baik.
6.      Bersahabatlah dengan orang-orang yang optimis
Tidak bisa kita pungkiri bahwa sahabat memiliki pengaruh yang sangat besar pada pembentukan karakter seseorang. Kanapa saya mengatakan demikian? Karena memang sudah menjadi kebutuhan manusia untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Kalau hubungan yang mereka jalin adalah hubungan yang negatif artinya sahabat atau teman anda termasuk orang yang pemalas dan selalu pesimis, maka hal itu akan menular pada diri anda. untuk itu pandai-pandailah memilih sahabat, pilihlah sahabat yang punya optimisme tinggi terhadap diri dan masa depannya kelak. Dengan begitu anda akan tertular menjadi orang yang optimis dalam setiap tindakan.
7.      Memberikan sugesti positif pada diri sendiri
Salah satu senjata ampuh untuk meningkatkan antusiasme adalah memberikan sugesti positif terhadap diri sendiri. Sugesti ini akan memberikan dorongan  ke alam bawah sadar anda, bahwa anda bisa melakukan hal yang terbaik. Memberikan sugesti yang positif terhadap diri sendiri, akan membuat pikiran anda positif, selain itu sugesti positif juga bisa memberikan energi kapada diri anda untuk tetap bersemangat dan bergairah dalam menjalani setiap aktivitas. Jadi bisa saya katakan bahwa sugesti positif pada diri sendiri merupakan kekuatan dahsyat dalam membangun antusiame.
8.      Positif thinking
Antusiame tidak akan pernah berkembang dalam diri orang-orang yang penuh rasa takut, tidak percaya diri,  menyerah dengan nasib, dan suka berpikiran buruk terhadap dirnya sendiri mapun terhadap orang lain. Antusiasme membutuhkan pemikiran yang positif. Karena dari pikiran yang positif akan menimbulkan aksi atau tindakan yang positif pula. Jadi belajarlah untuk senantiasa berpikir positif baik kepada diri sendiri, orang lain mapun nasib yang anda jalani.


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

"Pramuka pribadi BangsaKu"