Pages

1.26.2013

Cara Menghapal Semaphore


Cara Menghapal Semaphore Cepat

Semaphore sebenarnya mudah dihapalkan, dengan penyederhanaan dan selalu diulang-ulang. Posisi bendera / tangan dalam semaphore dapat dikelompokkan menjadi 5 kelompok lingkaran.
Perhatikan gambar di samping.
  • Lingkaran Pertama. Huruf A – G
  • Lingkaran Kedua. Huruf H – N (kecuali huruf J)
  • Lingkaran Ketiga. Huruf O – S
  • Lingkaran Keempat. T, U dan Y.
  • Pelengkap J, V, W, X dan Z.
Pada lingkaran pertama sering disebut, single flag (bendera tunggal) karena satu bendera di bawah dianggap tidak ada untuk menyederhanakan. Terlihat perbedaan tiap lingkaran adalah posisi salah satu bendera, dari lingkaran pertama di bawah (B), lingkaran kedua di kanan bawah (Ka-B), lingkaran ketiga di kanan (Ka) dan lingkaran keempat di kanan atas (Ka-A). Posisi bendera kedua berubah berputar searah jarum jam.
Cara menghapalkannya adalah dengan berlatih langsung bertahap. Mulai dari mengulang-ulang lingkaran pertama, kedua, ketiga dan sisanya sekaligus.
Pada saat membaca isyarat semaphore, perhatikan kunci posisi bendera yang pertama (jangan perhatikan tangan yang memegang). Jika satu bendera posisinya di bawah, sudah pasti itu lingkaran pertama. Untuk menyederhanakannya, kita anggap posisi bawah itu nomor 1, kanan bawah nomor 2, kanan nomor 3 dan seterusnya hinggan nomor 8. Kuncinya adalah perhatikan nomor posisi terkecil.
Lingkaran Pertama, nomor terkecil adalah angka 1. Jadi A = 1-2, B = 1-3, dan seterusnya. Lingkaran kedua, nomor terkecil adalah nomor 2. Jadi H = 2-3, I = 2-4, K = 2-5 dan seterusnya. Ingat, selalu letakkan posisi nomor yang lebih kecil di depan.
Untuk mengirimkan angka menggunakan huruf A – I mewakili angka 1 – 9, dan huruf K mewakili angka 0. Lebih lengkapnya baca cara menggunakan isyarat semaphore.
Selamat mencoba!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

"Pramuka pribadi BangsaKu"