Pages

1.26.2013

Sifan Dan Fungsi kepramukaan


Gerakan pramuka adalah nama organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan Kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.

Sebelum tahun 1961 di Indonesia pernah berdiri berbagai macam organisasi kepramukaan yang pada saat itu disebut kepanduan, seperti Hizbul Wathon, Pandu rakyat indonesia, kepanduan bangsa indonesia dan lain-lainnya. Tapi sekarang semuanya telah bergabung menjadi dalam organisasi Gerakan Pramuka, yang berdasarkan surat keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 238 tahun 1961.
Pramuka merupakan sebutan bagi setiap anggota gerakan pramuka. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang artinya Warga Muda yang Mampu Berkarya. Jadi setiap anggota pramuka diharapkan mampu menghasilkan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan masyarakat disekitarnya.
Kepramukaan mengandung perngertian yang sama dengan scouting atau padvinderij dan atau kepanduan. Kepramukaan merupakan suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan serta berguna bagi anak dan pemuda dibawah bimbingan serta tanggung jawab orang dewasa yang dilaksanakan diluar keluarga dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang menjadi dasar segala usaha pendidikannya atau kegiatannya.
Sifat kepramukaan terdiri dari 3 sifat atau ciri khas sesuai dengan hasil resollusi pada Konferensi Kepramukaan Sedunia pada tahun  1924 di Kopenhagen - Denmark, yaitu Nasional, Internasional dan Universal.
Kepramukaan yang dilaksanakan dianapun hendaknya berfungsi sebagai :
1.             Kegiatan yang menarik, menyenangkan serta berguna bagi anak dan pemuda;
2.             Pengabdian bagi orang dewasa
3.             Alat bagi masyarakat dan organisasi

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

"Pramuka pribadi BangsaKu"